Sabtu, 28 Oktober 2017

MATERI 7 : ASPEK BISNIS DI BIDANG PRODUKSI DAN DESIGN



1.      PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS, KONTRAK KERJA, DAN PROSEDUR PENGADAAN
Pendirian bisnis memiliki prosedur-prosedur yang harus dilakukan yaitu: 1. Tahapan pengurusan izin pendirian bagi badan usaha berskala besar, hal ini menjadi prinsip yang paling penting demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hingga izin perluasan adalah hasil akhir tahapan ini. Untuk beberapa jenis badan usaha lainnya, misalnya Letter of Intent akan memberi turunan berupa Letter of Appointment sebagai bentuk surat perjanjian keagenan yang merupakan izin perluasan, sole distributor dari sebuah merek dagang, jika perusahaan ini memberi kesempatan pada perusahaan lain untuk mendistribusikan barang yang diproduksi. Beberapa dokumen yang diperlukan pada tahapan ini adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Bukti diri. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Surat Izin Usaha Industri (SIUI) perizinan yang perlu dipenuhi dalam badan usaha. 2. Tahapan pengesahan menjadi badan hukum. Tidak semua badan usaha harus berbadan hukum akan tetapi setiap badan usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Terdapat lebih dari satu macam izin yang mengikat suatu bentuk badan usaha tertentu di Indonesia. Adapun pengakuan badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), hingga Undang-Undang Penanaman Modal Asing (UU PMA). 3. Dikelompokkan berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian merupakan tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani badan usaha. 4. Pengesahan dan izin dari departemen lain departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin merupakan tahapan mendapatkan pengakuan. Badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha, misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian industri yang berupa SIUP.
Suatu bentuk perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan adalah pengertian dari kontrak kerja. Adapun isi kontrak kerja yaitu, hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan selama terikat hubungan kerja, yang ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja tersebut oleh pimpinan perusahaan dan karyawan adalah pengertian dari Kontrak kerja. Ada 3 sistem kontrak kerja yaitu: Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), karyawannya biasa disebut dengan karyawan kontrak. Lamanya kontrak 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Masa kontrak bisa diperpanjang dengan maksimal 2 tahun. Perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT), karyawan dengan kontrak ini disebut dengan karyawan permanent (tetap). Perjanjian kerja yang dibuat bersifat tetap. Karyawan bisa langsung menjadi tetap/permanent atau melalui masa percobaan kerja (probation) untuk paling lama 3 (tiga) bulan. Setelah lulus masa percobaan, karyawan tersebut baru bisa menjadi karyawan tetap. Kontrak kerja melalui outsourcing akan mengikuti hak dan kewajiban perusahaan outsorcing, walaupun nantinya anda akan disalurkan ke perusahaan yang menjadi klien perusahaan outsourcing, sehingga perjanjian yang dibuat adalah perjanjian tidak langsung dengan tempat anda ditugaskan untuk bekerja. Kontrak kerja langsung dengan perusahaan, anda mengikuti hak dan kewajiban perusahaan tersebut.
Prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa merupakan prosedur pengadaan. Prosedur pengadaan tenaga kerja terdiri dari: 1. Perencanaan Tenaga Kerja Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya. Time motion study dan peramalan tenaga kerja merupakan penentuan kuantitas. Sedangkan penentuan kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis. Job Analysis terbagi menjadi 2, yaitu Job Description dan Job Specification/Job Requirement. Reorganisasi, penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru tujuan dari job analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri. 2. Penarikan Tenaga Kerja diperoleh dari 2 sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya merupakan sumber internal. Sumber internal keuntungan menarik tenaga kerja yaitu lowongan cepat terisi, tenaga kerja cepat menyesuaikan diri, dan semangat kerja meningkat. Menghambat masuknya gagasan baru, terjadi konflik bila salah penempatan jabatan, karakter lama terbawa terus, dan promosi yang salah mempengaruhi efisiensi dan efektifitas adalah kekurangannya. Sumber internal tujuan menarik tenaga kerja adalah untuk memberi motivasi, meningkatkan semangat, menjaga kesetiaan, dan memberi penghargaan atas prestasi. Menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan, ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet adalah sumber eksternal. Sumber eksternal keuntungan menarik tenaga kerja adalah lebih berkualitas, memperoleh ide baru/segar dan dapat meminimaslisasi kesalahan penempatan jabatan,. Membutuhkan proses yang lama, biaya yang cukup besar, dan rasa tidak senang dari pegawai lama merupakan kekurangannya. Tujuan menarik dari sumber eksternal tenaga kerja adalah untuk memperoleh gagasan/ide baru dan mencegah persaingan yang negatif.

Daftar Pustaka :
https://yanesscihuy.wordpress.com/2014/05/28/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja-dan-prosedur-pengadaan-kontak-bisnis-pakta-integritas/
 
Soal dan Jawaban
1. Dalam pendirian bisnis memiliki prosedur-prosedur yang harus dilakukan diantaranya membuat SIUP. SIUP kepanjangan dari....
a. Surat Izin Usaha Perdagangan*  
b. Surat Izin Usaha Perpanjangan
c. Surat Izin Untuk Perdagangan
d. Surat Izin Usaha Perumahan

2. Suatu bentuk perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan adalah pengertian dari....
a. Pendirian Bisnis
b. Kontrak Kerja*
c. Prosedur Pengadaan Kerja
d. Usaha

3. Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), karyawannya biasa disebut dengan....
a. Karyawan Lembur
b. Karyawan Cuti
c. Karyawan Kontrak*
d. Karyawan Teladan

4. Setiap pekerja harus memiliki....
a. SIM
b. STNK
c. Ijazah
d. NPWP*

5. Berapa lama biasanya karyawan kontrak dikontrak....
a. 3, 6 bulan sampai 1 tahun*
b. Selamanya
c. 2 tahun
d. 5 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar